Changing Impossible to I’mpossible – Victor Setiawan Taslim

IMG20171225153644

Judul buku: Changing Impossible to I’mpossible

Penulis: Victor Setiawan Taslim

Bahasa: Inggris

Ilustrasi Isi: Inez Tiara

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-6953-6

Terbit: Juni 2011

Tebal: 156 halaman

Rating: 3/5


Buku ini adalah buku berbahasa Inggris satu-satunya yang saya baca di tahun kemarin. Alasan buku ini dibeli juga tadinya buat belajar reading dan karena emang DISKON (IDR 25K dapet 3 buku. Jelas engga nolaklah! Wkwk) #akucintadiskonan sebab #diskonadalahkoentji. Uhuy!

Jadi buku ini tentang apa sih?

Dari judulnya mungkin udah ketebak kalo ini adalah semacam buku motivasi. Yap. Betul sekali! Buku ini ditulis oleh seorang yang sebaya usianya dengan saya dan ditulis ketika ia masih berusia 18 tahun. Well, usia 18 kayanya saya belum menghasilkan apa-apa yang berarti dalam hidup, pun sampai hari ini. Huft.

Buku ini berisi pengalaman penulis ketika berjuang untuk mendapatkan beasiswa (ASEAN Scholarship) demi melanjutkan SMA-nya di Singapura. Saya salut karena di usia remajanya penulis sangat apik dalam melakukan manajemen waktu dan membuat strategi untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Ia tak hanya berprestasi di sekolah tapi juga berprestasi sebagai atlet. Dan kini kabarnya, dari hasil saya googling-googling, penulis kece ini sedang menempuh kuliah di salah satu universitas di Inggris. *Huoooo calon cowok idaman syekaliiiiii…* *minta disleding* *fokus oyy!*

Jalan yang ditempuh penulis tentu tidak selalu mudah dan tidak selalu mulus. Banyak hambatan dan rintangan yang harus dihadapi, bahkan penulis juga sempat gagal sebelum akhirnya berhasil mendapat apa yang ia inginkan. Ia menanamkan pada dirinya agar selalu berpikir positif dalam menghadapi apapun yang sedang terjadi. Sedih boleh, marah boleh, kecewa boleh, asal tidak berlebihan dan tetap punya kekuatan untuk bangkit. Victor telah mendapatkan buah dari kebiasaan berpikir positif yang ia tanam. Ia adalah remaja sukses yang sangat layak dijadikan panutan.

Selain menanamkan untuk selalu berpikir positif, di sini penulis juga membagikan kiat-kiat lainnya dalam menggapai mimpi, seperti judul dari buku ini, penulis membagikan bagaimana caranya mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin. Penulis juga bercerita tentang bagaimana kedua orangtuanya mendidik dan membimbing penulis dengan sangat bijak dan penuh kasih sayang. Banyak kisah kehidupan penulis dan orang tuanya yang kaya akan nasehat baik sehingga membuat buku ini tak hanya cocok untuk remaja tapi juga sangat cocok untuk dibaca orangtua sebagai panduan untuk parenting.

Jujur, buku ini engga saya banget. Baca buku ini, saya ngerasa kebiasaan penulis dan saya amatlah jomplang. Tapi alhamdulillah ada pelajaran yang bisa saya petik dan saya bagi, dan yang paling penting lagi, alhamdulillah tamat juga bacanya.

Salah satu hikmah dan pelajaran penting yang saya dapet adalah: Saya jadi tau kalo reading skill saya sangat payah. Ambyarrrrrr sekaliiiiiiiiiii. Capek bolak balik buka kamus. Tapi alhamdulillah bisa nambah vocab. Hihii.

Eiya, di buku ini juga ada tips buat reading yang sangat bisa diaplikasikan. Nice!

Untuk para remaja SMP-SMA yang mungkin sedang galau di luar sana, kiranya buku ini bisa membantu membuka pikiran dan membuka jalan untuk masa depan yang lebih bahagia. Inget, jalannya baru kebuka kalo bukunya di baca ya! Inget juga, buku itu emang jendela dunia, tapi kalo jendelanya engga dibuka, ya ga bisa liat dunianya kaya gimana. Jadi, bacalah!

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Yossi Fitriani, yang sedang mengkhayalkan masa depan.

 

Advertisements