7 Lagu Dengan Pesan Tentang Kemanusiaan

faith-in-humanity

Hai, Sampurasun, Konnichiwa teman-teman.

Kali ini saya mau share lagu-lagu yang lagi rajin saya dengerin. Kepikiran buat bikin postingan ini karena akhir-akhir ini saya lagi rajin dengerin remake-nya Where is the Love – Black Eyed Peas yang judulnya jadi #whereisthelove. Nonton video klip lagu ini bikin saya terharu sekaligus sedih karena belom bisa berbuat apa-apa buat dunia yang makin hari rasanya makin bikin saya bertanya, Where is The Love???

Di tengah meriah dan boomingnya musik EDM yang mana saya juga dengerin, sesekali dengerin lagu yang bikin adem dan ngingetin kita kalo di luar sana banyak yang ga seberuntung kita dan hidup ini bukan melulu soal kesenangan pribadi. Lagu-lagu ini nunjukin kalo di luar sana banyak yang butuh bantuan kita (pada masanya dan juga sekarang) dan juga sebagai bentuk kampanye kemanusiaan dan perdamaian.

So here they are, my playlist, lagu-lagu yang ngingetin kita akan kemanusiaan:

  1. #whereisthelove – Black Eyed Peas ft. The World (2016)
    Lagu ini tidak hanya dibawakan oleh Black Eyed Peas, beberapa penyanyi lain yang ikut berpartisipasi diantaranya French Montana, V Bozeman, Cassie, The World, Jaden Smith, A$AP Rocky, DJ Khaled, Usher, Ty Dolla $ign, Justin Timberlake, Tori Kelly, Andra Day, Jessie J, The Game, Nicole Scherzinger, Jamie Foxx, Puff Daddy & Mary J. Blige dan juga The World.
    Will.I.Am said, “We started remaking “Where Is The Love?” in 2016 right after being bombarded by all the things the media were showing – the wickedness of the world, the conflict in Syria, the Paris terrorist attack, the Brussels bombing, the Turkey violence and the Orlando shooting. Every time I looked up there was severe hate and not enough love, so I wanted to get all of my friends together and re-imagine what we did after 9/11 with “Where Is The Love?” We just wanted to ask the questions, “Where is the humanity in things? Whatever happened to the fairness and equality?” Instead of spreading love, we’re spreading animosity. What’s wrong with the world?”
    Ini lagu orisinil sebelum #WhereisTheLove. Lagu ini jadi hits di tahun 2003 pas saya masih SD. Dulu, saya belum paham makna lagunya, sekarang setelah paham, lagu ini sangat mewakili perasaan manusia yang hidup di jaman now even sekarang udah 2017, lagu ini rasanya masih mewakili perasaan orang-orang yang ingin dunia ini jadi tempat yang damai tanpa ada permusuhan bahkan peperangan.
  2. Heal the World – Michael Jackson (1991)
    Lagu ini jelas banget ngingetin kita bahwa dunia ini ga cuma kita nikmatin hari ini. Masih ada anak cucu kita yang kelak mengisi dan menikmati dunia ini. Heal the world, make a better place supaya nyaman buat kita dan kelak penerus-penerus kita.
  3. We Are the World 25 for Haiti – Artists for Haiti (2010)
    Lagu ini adalah remake dari lagu aslinya yang rilis di tahun 1985, yang mana tadinya akan dibuat untuk memperingati 25 Tahun Single Amal untuk Africa. Sehubungan dengan adanya gempa dahsyat yang melanda Haiti, lagu ini kemudian dibuat untuk sekaligus menggalang dana untuk korban gempa Haiti. Lagu ini juga mengingatkan kita, kalo kita di dunia ini sama, sama sebagai manusia, sama sebagai ciptaan Tuhan, sudah selayaknya kita saling membantu satu sama lain.
  4. Working Class Hero – Green Day (2007)
    Tahun 2007 lalu, Green Day me-remake lagu John Lennon ini sebagai bagian dari Instant Karma Project. Lagu ini diperuntukan untuk rakyat Suddan yang menjadi korban Konflik Darfur. Video klipnya berisi curahan hati para korban konflik berikut curhatan horror dari para korban.
  5. We Will Not Go Down (Song for Gaza) – Michael Heart (2009)
    Konflik di Palestina belum berakhir sampai sekarang. Lagu ini selalu menjadi backsound tiap kali berita tentang Palestina muncul di berita televisi. Lagu ini lahir dari penciptanya yang prihatin terhadap pembantaian dan perang yang terjadi di Gaza, Palestina. Lagu ini menjadi pemberi semangat dan kekuatan bagi para korban agar tetap berjuang. :’)
  6. Palestine Tomorrow Will Be Free – Maher Zain (2009)
    Masih lagu tentang konflik di Palestina, lagu ini juga memberikan kekuatan kepada para korban dan keyakinan bahwa suatu hari nanti Palestina bebas dan damai.
  7. Forgotten Promises – Sami Yusuf (2012)
    Diawali dengan suara petikan jari dari berbagai orang dari berbagai negara dan kalangan, dilanjut suara piano yang kemudian membentuk lagu yang ngademin ini, Sami Yusuf mengajak penikmat musiknya untuk membantu mengatasi krisis kelaparan di Africa melalui program #LiveFeedAfrica tahun 2012 lalu. Videonya juga menghadirkan kondisi anak-anak di Africa yang terkena gizi buruk.

Ketujuh lagu diatas, selain mengingatkan akan kemanusiaan, bagi saya, lagu-lagu diatas juga bisa jadi pengingat untuk bersyukur. Karena betapapun kita benci hidup kita saat ini, nyatanya, jika mau melihat lebih dalam dan lebih peka, sesungguhnya lebih banyak hal yang luput untuk kita syukuri. Kemudahan yang ada saat ini, nikmat sehat, nikmat hidup tenang tanpa kelaparan, tanpa ketakutan akan ditembak atau bahkan di bombardir kapanpun. Be Grateful! Jangan lupa bersyukur and spread the love!

Semoga bermanfaat.
Tons of love,

Ochi.

Referensi informasi dan gambar:
 
 https://hot.detik.com/music/d-3547554/tragedi-dan-alunan-we-will-not-go-down
 http://theinspirationroom.com/daily/2007/green-day-working-class-hero/
 http://creativedisc.com/2010/03/single-of-the-day-artists-for-haiti-we-are-the-world-25-for-haiti/
 https://genius.com/The-black-eyed-peas-wheresthelove-lyrics
 https://id.wikipedia.org/wiki/Konflik_Darfur
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s