Kesegaran: Nemu Lahang di Tengah Hutan

Teman-teman ada yang tahu minuman yang namanya Lahang? Bagi sebagian orang Jawa Barat mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini, dan mungkin di beberapa daerah minuman satu ini punya nama yang berbeda-beda. Dan di kampung halaman saya di Majalengka disebutnya Lahang.

Lahang merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari nira atau air sadapan sari aren. Rasa manis dan segar adalah ciri dari minuman ini. Minuman ini dikenal di seluruh Indonesia, tetapi lebih dikaitkan dengan minuman khas Sunda. Lahang dikenal memiliki kualitas sebagai minuman isotonik tradisional. – Wikipedia.

Nah… Entah kapan saya terakhir minum lahang. Yang paling saya inget itu waktu saya masih kecil, mungkin sekitar TK atau SD, saya masih sering melihat penjualnya lewat dan selalu ada saat saya ikut Uwa ke pasar. Rasanya dulu gampang sekali buat nyari minuman yang satu ini. Biasanya ada Bapak-bapak yang ngider sambil bawa bambu panjang yang isinya air nira alias lahang.

Selama di Bandung saya belum pernah nemu yang jualan lahang. Kepikiran buat minum aja engga karena mungkin lupa saking udah lamanya engga liat penjual lahang. Sampai akhirnya engga sengaja saya nemu penjual lahang pas main di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago. Rasanyaaaaaaaa…. Berasa mengenang masa kecil dan tentunya cukup memberi kesegaran di tengah perjalanan menuju curug yang rasanya ga nyampe-nyampe.

Nikmat??? Alhamdulillah, Banget!

Segeeeeeerrrrrrrrrr…….

Dan yang lebih istimewanya lagi, setelah ngobrol sama Mang-nya, ternyata si Mang yang jual asli Majalengka dan bawa lahangnya langsung dari Majalengka. Ulalalalaaaaaaaaa… Alhamdulillah…

FYI : Harganya Rp. 5000/gelas.

Cusssssssssss… yang mungkin juga lagi nyari minuman yang udah mulai langka ini, langsung aja main ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Dago. Kalo beruntung, nanti bakal nemu Mamang Penjual Lahang ini soalnya Mamangnya ga jelas nangkringnya suka di sebelah mana alias suka pindah-pindah. Telusuri aja yaaaa sampe ketemu hihihii.

IMG_20160207_133755_HDR

Cheeeerrrrrrssssss!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s