2016, Baru Nonton Big Hero 6

big-hero-6

Tiba-tiba mau nulis beginian setelah kemarin menamatkan sebuah film animasi tahun 2014 yang baru sempet ditonton di akhir tahun 2016 ini. Maafkan saya yang selalu update soal hal-hal yang mungkin udah ga musim dan ga hits lagi. Tapi mudah-mudahan ada manfaatnya. Minimal membantu saya mengeluarkan apa yang ada di pikiran saya setelah menonton film ini. Jadi kemarin saya baru nonton Big Hero 6. Sudah diputar sebanyak 3 kali. Karena adek sepupu saya, Zico meminta menonton lagi dan lagi. Bagi dia mungkin ini kali ke-lebih-dari-lima karena dia udah nonton film ini berkali-kali jauh sebelum saya nonton.

Sinopsis
Film ini bercerita tentang seorang remaja bernama Hiro Hamada, remaja yang hobby dengan hal-hal robotik dan suka menyalurkan bakatnya dengan melakukan adu robot illegal yang diadakan di kota tempat ia tinggal, San Fransokyo. Tadashi Hamada, kakaknya khawatir Hiro akan menyia-nyiakan potensinya hingga akhirnya ia mengajak Hiro untuk ikut ke kampus tempat Tadashi belajar, San-Fransokyo Institute of Technology (SFIT). Di SFIT, Tadashi menciptakan Bay Max, robot yang berfungsi sebagai asisten kesehatan layaknya suster. Hiro kagum dengan kegiatan yang dilakukan Tadashi dan ke empat temannya, Go Go Tomago, Fred, Wasabi No-Ginger,dan Honey Lemon. Hiro memutuskan untuk ikut bergabung belajar di SFIT. Ia mempersembahkan sebuah project Microbot yang kemudian membuat Profesor Callaghan, ketua dari program universitas tertarik dengan project Hiro dan menerima Hiro untuk belajar di SFIT. Tak hanya Profesor Callaghan, seorang presiden dari Tech Company, Alistair Krei juga tertarik membeli hasil penemuan Hiro namun tawaran itu ditolak oleh Hiro. Malang, kebahagiaan Hiro hari itu tidak berlangsung lama. Sebuah kebakaran melanda SFIT dan menyebabkan Tadashi meninggal karena berusaha menyelamatkan Professor Callaghan. Dari sini konflik dan cerita seru dimulai. Silahkan tonton sendiri. Saya ga mau kasih spoiler kebanyakan, takut ditoyor haha.

Kesan dan Pesan
Menonton film ini membuat sepupu saya ngoceh sepanjang film berlangsung. Maklum yaa… Anak kecil terkadang suka ribut kalo nonton film, banyak nanya dan banyak komentar. Tapi itu artinya dia menikmati film ini. Sampe 3x putaran dong nonton filmyaaaaaaa hahaha. *lebay
Dari awal film dimulai memang sudah seru. Kualitas animasi memang tidak perlu diragukan lagi. Alur ceritanya kompleks tapi bisa diterima dengan sangat baik. Film ini berhasil membuat emosi naik turun. Ada adegan konyol ya ketawa, ada adegan sedih ya ikut sedih, ada kejadian haru ya terharu, ada beberapa juga yang bikin surprise. Semuanya berjalan tanpa bisa mengalihkan pandangan saya ke hal lain selama menonton. Tsaaahhhh.
Meski berlatar futuristik, konflik yang terjadi adalah konflik yang biasa ada di kehidupan kita sehari-hari. Pesan tersirat dari film ini tersampaikan dengan sangat baik dan menyentuh. Berikut beberapa pesan yang bisa saya petik:

  1. Tetap Optimis dan Pantang Menyerah
    Saat Hiro hampir putus asa dengan project yang harus dia buat, Tadashi tidak berhenti memberikan semangat untuk Hiro sampai akhirnya Hiro berhasil membuat Microbot yang berhasil membawanya bisa belajar di SFIT.
    Tadashi juga harus melakukan beberapa kali percobaan saat menciptakan Bay Max. Ia melakukan 84 kali percobaan sampai akhirnya Bay Max bisa berfungsi.
    Man Jadda Wa Jadaa. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil.
  2. Jadilah Manusia yang Bermanfaat
    Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Tadashi mengajarkan kita untuk membantu orang lain. Ia menciptakan Bay Max karena ia tahu orang-orang akan membutuhkannya. Ia juga menjadi penyemangat Hiro di kala Hiro putus asa. Ia meninggal karena ia ingin membantu menyelamatkan Profesor Callaghan. Bahkan setelah Tadashi meninggal, apa yang dia tinggalkan masih bisa bermanfaat bagi Hiro dan orang lain.
    Ke empat teman Tadashi masih peduli pada Hiro dan membantu Hiro dalam mengungkap penyebab kebakaran dan tetap berada di samping Hiro, menjadi teman baik bagi Hiro.
    Adegan Hiro dan Bay Max saat menolong Abigail juga sangat jelas mengajarkan kita untuk selalu membantu orang lain dan rela berkorban demi menyelematkan orang lain.
    Semangat untuk saling membantu disampaikan dengan sangat jelas dan indah di film Big Hero 6 ini.
  3. Being Nerd is Cool
    Ke 6 tokoh yang ada di Bay Max ini semuanya adalah Nerd, Geek. Being nerd tidak selalu lekat dengan kesan cupu. Di film ini kita bisa belajar bahwa being nerd is cool ketika bisa menciptakan sesuatu yang hebat dan bermanfaat bagi orang banyak.
  4. Rendah Hati
    I love Fred. Ia tidak pernah menunjukan kalau dia adalah anak orang kaya dan punya rumah layaknya istana. Hiro dan ketiga temannya yang lain tidak pecaya saat Fred mengajak mereka ke rumahnya untuk menyelamatkan diri. Fred yang urakan dan slengean tidak pernah sombong dan tetap rendah hati di depan teman-temannya. Don’t judge a book by its cover emang (kadang) berlaku.
  5. Jangan Rasis!
    Walau Hiro, Tadashi, Go Go Tomago, Fred, Wasabi No-Ginger,dan Honey Lemon memiliki kulit yang berbeda-beda dan berasal dari suku yang berbeda-beda juga, mereka membuktikan bahwa di dunia ini No Place for Racism. Selalu ada persamaan dalam perbedaan. Mereka sama-sama Nerd dan sudah jelas sama-sama manusia. Kita semua bisa bersatu, saling membantu dan saling berkolaborasi demi dunia yang lebih baik. Asyiiiiiiiikkkkkkk~
  6. Coba Lihat Sesuatu Dari Sudut Pandang yang Berbeda
    Ketika Hiro dan teman-temannya hampir kalah melawan Profesor Callaghan, Hiro meminta teman-temannya untuk mencari jalan lain untuk menyelamatkan diri. Ahh ini semacam the power of kepepet juga. Dikala kita terdesak oleh sesuatu, otak kita jadi berfikir lebih cepat dan lebih kreatif. Dan jreeeenggggg…. Jika kita mau lihat lebih dekat dan berpikiran terbuka, selalu ada jalan keluar untuk masalah apapun yang kita hadapi.

And that’s all guys. Yang udah nonton semoga bisa bernostalgia dengan film ini yaaa… Yang belum nonton, cusssss tonton dehhhh… Dijamin gak akan nyesel!!! Kalo saya mau kasih rating buat ini film, saya kasih 9 dari 10. *tosssss falalalala ~*

Great Job Disney and Marvel !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s