Novel 2 States – Chetan Bhagat

IMG20171210130250.jpg

Judul buku: 2 States

Penulis: Chetan Bhagat

Editor: Ade Kumalasari

Penerjemah : Marcalais Fransisca

Desain sampul: Upiet

Ilustrasi isi: Upiet

Penerbit: PT Bentang Pustaka

ISBN: 978-602-7888-78-4

Terbit: Oktober 2013 (Terbit pertama di India 2009)

Tebal: 482 halaman

Rating: 4/5


Horaaaaaaaaaayyyyyyyyyyyyy !!!! Review lagi…

Anyway… Siapa yang belum pernah nonton film 3 Idiots? Siapa yang udah pernah? Cung cung cung!!!

I am sure, most of us have ever watched that movie. Kalo belum nonton, wajib nonton (soalnya ada Aamir Khan :D)! A must watch! Trust me! Apalagi buat para mahasiswa, kudu pokokna mah !!! *ngotot*.

3 Idiots was adapted from the novel Five Point Someone by Chetan Bhagat. Chetan Bhagat menjadi sangat terkenal karena karya-karyanya yang menginspirasi, tak cuma menghibur tapi selalu kaya akan pesan moral di dalamnya. That’s why, karya-karyanya menjadi mendunia dan banyak diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Chetan Bhagat bahkan disebut The New York Times sebagai pengarang novel berbahasa Inggris terlaris sepanjang sejarah India. Sugoiiiiiii !

Well, novel yang kali ini akan saya review adalah karya lain dari Chetan Bhagat yang tak kalah seru, tak kalah menghibur dan berhasil mengisi kepala kita dengan hal-hal baru mengenai India yang juga tentunya penuh inspirasi.

So… Here we go….

2 States – The Story of My Marriage. Berbeda dengan novel Chetan Bhagat lainnya yang lebih bertema pendidikan, 2 states merupakan sebuah novel komedi romantis yang mengangkat kisah cinta antara dua orang India dengan latar belakang perbedaan budaya yang sangat signifikan.

Ananya Swaminathan, seorang gadis Tamil yang berasal dari Chennai, berkulit putih, cantik dan menjadi istimewa karena garis wajahnya yang sempurna, dengan ukuran mata, hidung, bibir dan telinga berada di tempat yang benar. Ia menjadi populer di Indian Institute of Management- Ahmedabad (IIM) karena kecantikannya yang menawan dan mampu mencuri perhatian para kaum adam.

Khris Malhotra, seorang pria Punjabi yang berasal dari Delhi, mantan mahasiswa dari kampus paling bergengsi di India, Indian Institute of Technology (IIT) dan menjadi mahasiswa kembali di IIM- Ahmedabad.

Ananya dan Khris tidak sengaja bertemu di kantin kampus. Mereka ditakdirkan bertemu akibat dari satu insiden makanan yang membuat mereka akhirnya duduk bersama, berkenalan dan makan bersama.

Dari perkenalan itu mereka akhirnya menjadi teman. Semakin hari Ananya dan Khris menjadi semakin sering bertemu. Semakin sering menghabiskan waktu berdua. Sekelas bersama, makan bersama, belajar bersama.

Karena kebersamaan mereka yang sering itu, diam-diam Khris jatuh cinta pada Ananya. Sampai Khris memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya pada Ananya. Gayung bersambut, ternyata Ananya juga memiliki perasaan yang sama dengan Khris. Mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih yang tak menghiraukan perbedaan budaya Tamil dan Punjabi yang ada di antara mereka.

Di akhir masa kuliah, Khris dan Ananya berkeinginan untuk menikah. Namun perbedaan budaya menjadi jurang besar yang menghalangi mereka untuk mendapatkan restu kedua orang tua. Khris dan Ananya sama-sama berusaha keras untuk mendapatkan restu kedua orang tua mereka. Namun, ditengah perjuangan mereka mendapat restu, banyak konflik yang harus mereka lalui. Masalah orang tua mereka yang tak mau akur satu sama lain, Khris yang ternyata mempunyai masalah serius dengan ayahnya dan konflik-konflik lain yang cukup mengaduk-aduk emosi.

“Memberontak dan melawan itu mudah, tetapi meyakinkan orang tua masing-masing jauh lebih sulit”2 States – Begitulah kira-kira pesaraaan yang dirasakan Khris dan Ananya.

Ide ceritanya sederhana. Alur cerita yang digunakan maju-mundur. Dibawakan dari sudut pandang Khris, cerita yang dibawakan membawa emosi kita naik turun dengan berbagai bumbu konflik dan komedi yang disajikan dengan PAS.

Dari novel ini saya sadar bahwa pernikahan bukan hanya tentang mengikat dua orang yang saling mencintai, tapi juga tentang mengikat dua keluarga. Keluarga pria harus menyukai keluarga wanita, begitu juga sebaliknya.

Hal yang bikin saya suka dari novel ini adalah pengetahuan tentang India saya jadi bertambah karena di novel ini banyak digambarkan tentang budaya dan tradisi yang ada disana. Saya baru tahu kalo ternyata di India itu juga banyak perbedaan budaya dan tradisi sama halnya seperti negara kita tercinta Indonesia. Banyak suku, banyak perbedaan budaya, tradisi dan adat. Jangan lupakan Bhinneka Tunggal Ika sebagai prinsip negara kita. Seperti Ananya dan Khris yang bisa bersatu walau ada perbedaan yang begitu besar diantara mereka. Kita memang berbeda-beda dan perbedaan diciptakan untuk saling melengkapi bukan untuk saling berkelahi.

Novel ini mengajarkan kita bagaimana menghargai perbedaan, memahami perbedaan dan hidup damai diantara perbedaan.

Nb : Novel ini juga sudah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama pada tahun 2014 dan saya belum pernah nonton.

— S E K I A N —

Advertisements

2 thoughts on “Novel 2 States – Chetan Bhagat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s